Kriteria Blog Mudah Diterima AdSense Karena Mengikuti 5 Hal Berikut
3:25 PM
Add Comment
Google Adsense - Adalah sebuah layanan bisnis advertising milik perusahaan Google yang masuk pada jenis program PPC (Pay Per Click), di mana seorang Publisher (penayang iklan) akan mendapatkan komisi per-klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung Blog atau Website.
Poinnya dalam program bisnis ini adalah seorang Publisher yang sebagian besar adalah para Blogger akan mendapatkan uang (biasanya dalam konversi US Dollar) atas iklan yang telah ditayangkan di halaman situs mereka.
Apa Istimewanya Google Adsense dibanding Lainnya?
Layanan Adsense semakin digemari oleh Blogger Indonesia ketika pihak Adsense mendukung blog yang berbahasa Indonesia sejak tahun 2012.
Dengan mengikuti layanan ini, seorang blogger dapat meningkatkan kualitas blog untuk monetisasi (menghasilkan uang) yang dapat mencapai ratusan hingga ribuan dollar per bulan.
Keistimewaan itulah yang dapat membuat blogger Indonesia semakin berkeinginan kuat dan tertarik untuk mengikuti bisnis online paling bergengsi di Dunia ini.
Pendaftar pun semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga terjadi persaingan yang ketat dari kalangan blogger untuk dapat diterima sebagai publisher Adsense.
Akibat persaingan yang ketat tersebut, banyak dari para blogger lamarannya ditolak. Kenapa saya katakan lamaran?
Karena bekerja menjadi seorang publisher Adsense itu adalah sebuah pekerjan yang menjanjikan, bisa diandalkan untuk menjadi pekerjaan utama jika serius dan bersungguh-sungguh menjalankan peluang kerja online ini.
Mengapa Pengajuan Ditolak?
Karena tergiur oleh iming-iming pendapatan yang besar tersebut, kebanyakan para Blogger lupa untuk membaca dan memahami terlebih dahulu tentang Syarat dan Kebijakan pengguna untuk mengajukan layanan Adsense.
Sehingga, tanpa disadari lamaran mereka ditolak, padahal blog mereka masih belum memenuhi persyaratan untuk diajukan ke layanan Adsense.
Lalu, Kriteria Blog atau Website Bagaimana yang Pengajuannya Cepat Diterima?
Pihak Adsense lebih mempreoritaskan pada sebuah Blog atau Website yang Orisinil, Unik, Menarik Perhatian, Memiliki Nilai Jual dan Konsisten.
Karena basisnya adalah pemasaran iklan, maka sudah tentu pihak pengiklan akan lebih menyukai jika iklannya ditampilkan pada Blog atau Website yang memenuhi standar kualitas yang bagus menurut Google Adsense.
Inilah Senjata Pamungkasnya!
Berikut adalah beberapa saran yang saya dapat dari beberapa Publisher Adsense yang sudah popular di kalangan Blogger. Tips ini saya dapat dari situs Sahabat Blogger Maxmanroe yang telah saya padukan dari tips beberapa situs publisher yang terkenal juga di Indonesia.
![]() |
Kriteria blog yang mudah diterima AdSense |
1. Membuat Konten yang Unik di Situs Anda
Unik yang dimasudkan dalam hal ini adalah tentang keaslian konten kita dan segi manfaat yang terkandung di dalamnya.
Anda bisa memilih beragam konten yang sesuai dengan judul dan niche situs, kemudian menyajikannya sebagus mungkin dengan menggunakan keunikan penyampaian yang Anda miliki.
Semakin unik dan memiliki banyak manfaat di dalam konten tersebut, semakin bagus kualitas dari konten Anda dan semakin ramah pula situs Anda di mesin pencarian.
Sehingga, peluang untuk pihak Adsense menerima pengajuan Anda lebih cepat. Hal yang sangat dibenci dan dilarang oleh Google adalah Copy-Paste konten, karena hal ini sangat buruk untuk monetisasi.
2. Perhatikan Umur Situs Sebelum Didaftarkan
Tentang umur situs yag akan didaftarkan untuk layanan ini telah dijelaskan oleh pihak Adsense, bahwa sebaiknya untuk situs yang akan didaftarkan minimal berumur 6 bulan.
Kenapa harus menunggu 6 bulan jika dalam waktu 2 pekan saja sudah bisa membuat beberapa postingan?
Dalam hal ini pihak Adsense akan menguji tingkat kualitas dan kuantitas situs calon Publisher, yaitu tingkat konsistensi posting, traffic visitor yang memenuhi dan stabil.
Hal-hal tersebut merupakan beberapa kiat untuk bisa meyakinkan kepada pihak Adsense bahwa situs yang Anda ajukan memenuhi kriteria yang baik untuk menayangkan iklan.
Hal-hal tersebut merupakan beberapa kiat untuk bisa meyakinkan kepada pihak Adsense bahwa situs yang Anda ajukan memenuhi kriteria yang baik untuk menayangkan iklan.
Perlu diketahui juga bahwa semakin lama umur situs akan memberikan habit (kebiasaan) kepada visitor bahwa situs Anda merupakan salah satu tempat rujukan mereka untuk mendapatkan update informasi secara rutin.
Jadi termasuk salah satu sebab juga mengapa situs yang didaftarkan Adsense sekurang-kurangnya harus berumur 6 bulan.
Jadi termasuk salah satu sebab juga mengapa situs yang didaftarkan Adsense sekurang-kurangnya harus berumur 6 bulan.
3. Perhatikan Kualitas dan Kuantitas Konten Anda
Kualitas dan Kuantitas konten menjadi salah satu faktor penting yang saling berkaitan erat dengan diterima atau ditolaknya sebuah pengajuan menjadi Publisher Adsense.
Sahabat Maxmanroe menyarankan kalau situs yang akan diajukan Adsense sekurang-kurangnya memiliki 60 postingan yang berkualitas, lebih dipersempit lagi adalah konten yang memiliki nilai jual.
Karena sekali lagi kita dalam hal ini membutuhkan banyak pengunjung dan page view yang banyak agar mendapat peluang yang besar juga untuk berhasil menjadi Publisher dan memasarkan iklan dari pihak Adsense dengan maksimal.
Dari pengalaman yang saya dapat di beberapa grup diskusi Publisher Adsense :
Bahwa blogger yang memiliki tingkat konsistensi dalam update posting akan memiliki peluang lebih banyak untuk diterima daripada blogger yang jarang update posting (kurang, dan bahkan tidak konsisten)
4. Daftar Melalui Blogspot.com atau YouTube.com
Menggunakan domain platform Hosted Google Adsense seperti Blogspot dan Youtube masih berpeluang banyak untuk dapat diterima.
Untuk mendaftar melaui Blogspot, Anda tentunya harus memenuhi 3 kriteria di atas agar proses Approve lebih cepat.
Seringkali saya menemukan banyak blogger yang mendaftarkan blognya melalui domain blogspot hasilnya rejected (ditolak), alasan yang mendasar adalah blog belum memenuhi kriteria.
Nah, sebagai bahan koreksi lebih baik kita maksimalkan dulu kualitas blog sampai benar-benar memenuhi Syarat dan Kebijakan pihak Adsense.
Beda lagi jika mendaftar melalui YouTube. Kalau dulu hanya bermodalkan 2 sampai 5 video original hasil rekaman Anda sendiri kemudian upload, selang beberapa jam kemudian didaftarkan Google Adsense sudah disetujui oleh Pihak Adsense.
Sekarang makin sulit...
Anda harus memiliki channel dengan jumlah Subscriber (pelanggan) sedkitnya 1000 orang dan dalam waktu 12 bulan terakhir video di channel Anda harus mencapai minimal 4000 jam tonton, atau sekitar 240.000 menit ditonton pengguna.
Tetap Semangat...!!!
Sekarang makin sulit...
Anda harus memiliki channel dengan jumlah Subscriber (pelanggan) sedkitnya 1000 orang dan dalam waktu 12 bulan terakhir video di channel Anda harus mencapai minimal 4000 jam tonton, atau sekitar 240.000 menit ditonton pengguna.
Tetap Semangat...!!!
5. Lengkapi Situs dengan Informasi Pendukung
Ini juga merupakan saran dari Panduan Adsense, di mana suatu situs akan lebih menunjukkan kelengkapan informasi yang diperlukan oleh pengunjung seperti halaman Privacy Policy, About, Term of Service (TOS) dan lebih bagus jika ada link menuju ke Forum Discussion.
Kebanyakan mereka yang ingin mempertahankan situsnya tetap ramai pengunjung, maka dilengkapilah dengan Forum.
Jika Anda membuat Halaman Forum dan itu merupakan tempat yang tepat untuk diskusi para pengunjung situs Anda, bisa dibayangkan berapa subscribernya. Kebanyakan blogger yang sukses di Google Adsense memanfaatkan fitur ini.
0 Response to "Kriteria Blog Mudah Diterima AdSense Karena Mengikuti 5 Hal Berikut"
Post a Comment
Komentar yang berisi SPAM akan dihapus